Anjangsana BSM II digelar pada pertengahan bulan Januari 2018 dengan tuan rumah om Ali Shodiqin (Brown Canyon)

Monday, October 6, 2014

Menelusuri Lereng Gunung Merapi

MENELUSURI LERENG GUNUNG MERAPI

Konvoi bareng Blazerian ( BSM-BICY )di lereng gunung merapi

AJANG SILATURAHMI TRIWULANAN BSM kali ini didampingi Blazerian Indonesia Chapter Yogyakarta (BI-CY) dan difokuskan di lereng gunung merapi pada tanggal 30-31 Agustus 2014. Tepatnya di wisata wahana KLERESEDECAMP.

Tempat kumpul dipusatkan di Kleresede Camp Gunung Merapi.

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati situasi lereng merapi, begitu anda memasuki wisata kaliurang anda akan di sambut dengan Jeep Willys yang nongkrong di terminal Tlogo Putri yaitu Lava tour atau wisata lahar Merapi, menjadi wahana wisata baru di kawasan lereng Gunung Merapi Yogyakarta pasca erupsi Merapi 2010 lalu. Bekas tempat amukan awan panas di mana menewaskan kurang lebih 26 orang termasuk juru kunci Mbah Maridjan. Wisatawan dapat menikmati sisa-sisa kedahsyatan gunung teraktif di Indonesia ini.


“Kalau mau pakai Jeep, harga mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu. Atau bisa juga pake motor trail dengan harga mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 250 ribu.," terang Dodo, pemandu dari Grinata Adventure.


Selain Grinata Adventure, ada beberapa pos yang akan menawarkan jasa wisata yang sama. Beberapa mobil Jeep model Willys pun telah disiapkan untuk membawa para wisatawan menyusuri lereng Merapi.






Ada tempat-tempat yang asyik menuju tempat lokasi yang bisa di bilang menyenangkan dan seperti berpetualang. Banyak wisatawan terkesan dengan lava tour Jeep Willys rasa penasaran dan berkesan dengan kondisi daerah-daerah di lereng Merapi pasca erupsi Merapi di tambah dengan menggunakan transportasi yang lain dari yang lain.

Selain Willys, ada beberapa varian Jeep lain diantaranya Land Rover, Toyota Land Cruiser dan lain-lain. Menurut Dodo, kebanyakan mesin Jeep-Jeep ini telah diganti dengan mesin mobil keluaran tahun muda, seperti Toyota Kijang. Pantas saja, semua Jeep-Jeep tua ini dengan mudah melahap tanjakan terjal dan berbatu.

Penggantian mesin pun dilakukan oleh Dodo. Willys lansiran tahun 1950 yang dibelinya dari Bandung, Jawa Barat itu telah disusupi mesin Toyota Kijang.

"Meski bodinya sudah penuh karat dan kadang bunyi, tapi Jeep saya ini masih mampu menyusuri track ekstrim di sekitar gunung Merapi," bangganya. Mantabzzz!


Malam hari di lereng merapi Kleresedecamp suhunya dingin menembus sum-sum, namun dinginnya udara yang berhembus takkan terasa ketika bercengkrama di temani api unggun yang membara, menghangatkan tubuh yang menggigil, begitu mempesona. Pengalaman indah yang takkan terlupakan.


Terusik status. Ingin menguak dari lereng merapi yang misteri. Hadirkan tumpengan perlambang rasa sukur kehadirat-Nya. Siraman rohani, do’a berkumandang syahdu berselubung mantra magis demi sebuah tujuan. Mumpung lereng merapi yang penuh misteri, terjal terjangkau niat.

Suatu perjuangan memupuk persaudaraan tak mengenal medan. Perbedaan status sosial, jabatan ataupun latar belakang pendidikan, membaur jadi satu tak terasa menimpang berat. Deretan kesepakatan musyawarah dan mufakat terlahir suci murni

Gerak-gerik negatif yang acapkali menggeliat nanarkan pandangan sirna tak berbekas. Segenap bualan dan kemustahilan niscaya berubah menjadi kesanggupan nyata atas upaya penyempurnaan hidup yang penuh perjuangan, terakui keberadaannya di antara makhluk lain.

Misterius keentahan kasat mata yang membutuhkan suatu proses untuk bisa terungkap. Mencari sejatinya jati diri dan tujuan hidup melalui siraman rohani dan do’a. Persekutuan yang menghasilkan sesuatu yang bernakna. Mistik yang begitu renik di lereng merapi yang merenggut sang juru kunci mbah marijan.


ku poles triwulanan BSM agar menawan
dengan bedak bertabur do’a subur pengasih
ku larik tarik api unggun yang membara
warna merona pemikat merekat kata
semuanya ku dapat dari balik lereng gunung merapi
agar arah tujuan dan tatapan tak berpaling miring
ku tebar sebar pesona kumandang do’a welas asih
tak terasa malam beranjak pagi lupa arah pulang
terperangkap liar lilitan api semerbak asap hio

Pagi yang sejuk persiapan melintasi jalur track merapi

Jalur berdebu dan bergelombang, ditingkahi deru truck dan alat berat, kesan dan kepuasan yang tak bisa dirangkai dengan kata-kata

Penuh tantangan untuk mencapai suatu tujuan

Akhir jalur yang kami lalui membawa kepuasan tersendiri

Batu besar yang dikeluarkan dari kubah merapi, yang lebih dikenal dengan nama “batu alien.”

Puing-puing merapi, tanda kuasa Illahi

Perjalanan akan lebih lengkap dan memuaskan dengan mengunjungi MUSIUM MERAPI

Album kegiatan BLAZERIAN SEMAR MESEM

No comments :

Post a Comment